Minggu, 31 Maret 2013

GLOBAL WARMING


Amalia Septiana 1051267 1pa05
Global Warming
Global warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut dan daratan bumi. suhu rata-rata bumi dalam seratus tahun akhir ini meningkat 0.74-180C IPCC mengatakan bahwa sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahaj abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya kosentrasi gas-gas rumahkaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.
Kenaikan suhu global ini diperkirakan meningkat 1,1 hingga 6,40C antara tahun 1990-2100. Kenaikan suhu global diperkirakan akan menyebakan perubahan-perubahan yang lain, seperti meningkatnya permukaan air laut dan intensitas cuaca yang ekstrem.
Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan public di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang hrus dilakukan untuk megurangi pemanasan global.
Selama setengah abad sekarang ini, gas rumah kaca CO2, methan, nitrat oksida dan CFC dilepaskan ke atmosfir bumi dalam jumlah yang sangat besar dan dengan konsekuensi yang sangat besar, jika ini terjadi, maka konsentrasi gas rumah kaca akan lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrasi selama jutaan tahun terakhir ini. Hal ini akan mengakibatkan meningkatnya temperature rata-rata global sebesar 2,5 derajat celcius, dengan peningkatan 4 derajat celcius di daratan. Angka tersebut sepertinya kecil dan tidak berarti, tetapi ketika temperature permukaan bumi meningkat 4 derajat C, peningkatan ini sebenarnya cukup untuk mengakhiri zaman Es.

Sifat perubahan iklim tentu tidak mengenal batas negara. Begitu pula distribusi dan dampaknya, bahkan akan menimbulkan ketidakseimbangan dan ketidak adilan antar Negara. Negara-negara industri adalah penyumbang terbesar gas rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim, sedangkan Negara yang sedang berkembang yang sedikit konstribusinya dalam fenomena pemanasan global ini justru terkena dampak yang nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Games

Amalia Septiana © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com