Selasa, 10 November 2015

EVOLUSI CBIS (COMPUTER BASE INFORMTION SYSTEM)

EVOLUSI CBIS

          CBIS berevolusi mulai dari fokus awal pada data bagaimana mendapatkan data, kemudian fokus baru pada informasi bagaimana mengolah data, fokus revisi pada keputusan (SPK), fokus kini pada komunikasi otomatisasi perkantoran, dan fokus potensial pada konsultasi sistem pakar. Berikut adalahvpenjelasan evolusi CBIS lebih lanjut.

BERFOKUS PADA DATA EDP

          Aplikasi akutansi berbasis komputer ini disebut juga dengan pengolahan data elektronik (EDP). Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan dengan aplikasi yang ditandai pengolahan data yang tinggi. 


  • Pengolahan Data: Manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.

  • Tujuan Pengolahan Data: Mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai dalam maupun di luar perusahaan.

4 tugas dasar EDP yaitu:


  1. Pengumpulan data
  2. Manipulasi data pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyimpan dokumen
  3. Penyimpanan data
  4. Penyiapan data

          Karakteristik pengolahan data yang membedakan EDP dengan subsistem CBIS yang lain:

  1. Melaksanakan tugas yang diperlukan
  2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar
  3. Menangani data yang rinci
  4. Terutama berfokus historis
  5. Menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal

Contoh EDP: Sistem terdistribusi yang digunakan perusahaan distribusi yaitu perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya ke pelanggan, seperti perusahaan yang berorientasi produk (manufaktur, pedagang besar, pengecer, dll).

BERFOKUS PADA INFORMASI SIM

          SIM (Sistem Informasi Manajemen) adalah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod, JR). Menurut Gordon B. Davis, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.

Elemen-elemen SIM: 
  1. Hardware
  2. Software
  3. Prosedur
  4. Database
  5. Model

Tujuan SIM: Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan sub unit organisasional perusahaan.

BERFOKUS PADA KOMUNIKASI ( OTOMASI KANTOR)

          Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi.

Fungsi: Memudahkan segala jenis komunikasi dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.

Tujuan:

  1. Penghindaran biaya
  2. Pemecahan masalah kelompok
  3. Sebagai pelengkap


BERFOKUS PADA KONSULTASI (EXPERT SYSTEM)

          Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberikan konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.

Komponen Sistem:

  • User Interface: memungkinkan pemakai untuk berinteraksi dengan sistem pakar
  • Knowledge Base: menyimpan pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu
  • Interface Engine: memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
  • Development Engine: digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar
Referensi  
Mc Leod & Schell, George P. (2008). Management Information System. Jakarta: Salemba Empat.


Gaol, Jimmy Lbn. (2008). Sistem Informasi Manajemen, Pemahaman, Dan Aplikasi. Jakarta: Pt. Grasindo.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Games

Amalia Septiana © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com