Selasa, 10 November 2015

Software Pengolah Database


1. Firebird (FirebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation.

Firebird merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Firebird adalah database open source yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan akan database yang handal namun cukup ringan dan mudah dalam mengoperasikannya.

2. IBM DB2 Enterprise Server Edition merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional yang dikembangkan oleh IBM. Perangkat lunak tersebut utamanya berjalan pada sistem operasi Unix (sebut saja AIX), Solaris, Linux, IBM i/OS/400, z/OS, dan Microsoft Windows. DB2 juga diketahui digunakan sebagai sistem basis data pada IBM InfoSphere Warehouse edition
          
3. Ms. Access memiliki beberapa komponen utama antara lain:
1. Tables: Merupakan komponen inti yang berfungsi untuk menyimpan data dengan topik tertentu. Misalnya, data mahasiswa disimpan pada table mahasiswa dan disusun dalam bentuk baris (record) dan kolom (field).
2.      Queries: Komponen ini berfungsi untuk menamilakn atau meminta data tertentu dari database sesuai dengan yang diinginkan. Sebuahquerydapat digunakan mengakses beberapa table secara bersamaan.Queries memegang peranan penting dalam mengelola sebuah database.
3.      Forms: Forms berfungsi untuk menampilkan input, edit, hapus daya dan lain sebagainya dengan tampilan antarmuka yang lebih baik.
4.      Reports: Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi untuk menyajikan laporan, sehingga dapat dicetak pada layar monitor atau langsung keprinter
5.      Pages: Pages berfungsi untuk menyediakan databaseyang dibuat dengan Access sehingga dapat diakses melalui Internet Explorer
6.      Macros: Rangkaian instruksi yang dapat dikenakan pada objek yang ada pada form. Sebuah macro dapat disimpan dan dijalankan ulang secara otomatis. Misalnya, instruksi untuk membuka atau menutup sebuah form, instruksi untuk mencetak report pada form dan lain sebagainya.
7.      Modules: Sebuah kode yang dibuat sesuai aturan sebagai pendukung aplikasi Ms. Access

SUMBER

Huda, M. (2010). Membuat aplikasi database dengan Java, MySQL, dan NetBeans. Jakarta: Elex Media Komputindo

S, Sudarma. (2010). Panduan belajar MySQL database server. Jakarta: Wahana Komputer

Sakur, S. B. (2005). Aplikasi WEB database dengan Dreamweaver MX 2004. Yogyakarta: Andi Offset 


Yuhefizard. (2008). Database management: Menggunakan Microsoft Access 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Games

Amalia Septiana © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com